Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Panduan Lengkap untuk Memulai Iklan Facebook

Panduan Lengkap untuk Memulai Iklan Facebook


Dalam posting ini, kami akan berbagi dengan Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang Iklan Facebook agar kampanye Anda aktif dan berjalan serta semua yang telah kami pelajari dari pengalaman kami sendiri.

Panduan Lengkap untuk Memulai Iklan Facebook


Memahami cara memanfaatkan Iklan Facebook menjadi bagian utama dari hampir setiap strategi media sosial. Dan jika Anda ingin postingan Anda terlihat di Facebook , semakin besar kemungkinan Anda harus membayar untuk jangkauan dengan Iklan Facebook.

Iklan berbayar di Facebook tampaknya menjadi salah satu cara paling cepat untuk memengaruhi jangkauan konten Anda. Padahal itu bukan tanpa pertanyaan. Seberapa baik cara kerjanya? Jenis pertunangan apa yang Anda dapatkan?

Dan apa yang dapat Anda harapkan dari uang hasil jerih payah Anda?

Dalam posting ini, kami akan berbagi dengan Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang Iklan Facebook agar kampanye Anda aktif dan berjalan serta semua yang telah kami pelajari dari pengalaman kami sendiri.

Cara Mengatur Kampanye Iklan Facebook

Langkah 1: Tetapkan beberapa sasaran untuk Iklan Facebook Anda

Sebelum Anda terjun dan membuat iklan apa pun, penting untuk terlebih dahulu memikirkan tentang mengapa Anda beriklan dan apa yang ingin Anda capai. Dengan menetapkan sendiri beberapa tujuan sebelum ditayangkan dengan iklan, Anda juga memiliki sesuatu untuk mengukur kesuksesan Anda.

Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan unduhan aplikasi seluler Anda melalui Iklan Facebook, Anda dapat menetapkan sasaran 100 unduhan di bulan pertama. Ini juga akan membantu Anda dalam memilih tujuan yang benar untuk kampanye Iklan Facebook Anda pada Langkah 3 di bawah ini. Beberapa contoh sasaran lainnya dapat berupa:

  • Tingkatkan lalu lintas ke situs web saya dari Facebook
  • Tingkatkan kehadiran di acara saya
  • Hasilkan prospek baru
  • Tingkatkan jangkauan konten kami di Facebook
  • Tingkatkan keterlibatan untuk Halaman Facebook kami

Langkah 2. Buka Manajer Iklan Facebook

Semua kampanye iklan Facebook dijalankan melalui alat Pengelola Iklan Facebook , yang dapat Anda akses melalui tautan langsung di facebook.com/ads , atau dengan mengklik "Kelola Iklan" di menu tarik-turun di akun Facebook Anda, atau dengan mengklik salah satu dari CTA di Halaman Facebook Anda .

Setelah Anda masuk ke dalam Manajer iklan, Anda dapat menavigasi dengan menu di sisi kiri halaman. Untuk memulai iklan pertama Anda, klik tombol hijau di pojok kanan atas halaman.

Langkah 3. Pilih tujuan Anda

Saat Anda mengklik untuk membuat Iklan Facebook, Anda akan masuk ke halaman tempat Anda memilih tujuan untuk kampanye Anda. Ada 15 opsi di sini untuk apa yang mungkin ingin Anda capai:

Dengan Facebook, Anda memiliki banyak cara berbeda untuk mendekati kampanye iklan. Cara-cara ini biasanya dapat termasuk dalam tiga kategori manfaat:

Kesadaran

Tujuan yang membangkitkan minat pada produk atau layanan Anda:

  • Tingkatkan postingan Anda
  • Promosikan halaman Anda
  • Jangkau orang-orang di dekat bisnis Anda
  • Tingkatkan Kesadaran Merek
  • Tingkatkan jangkauan Anda

Kiat teratas: Dengan anggaran kecil, Anda cenderung mendapatkan hasil maksimal dengan jenis iklan kesadaran. Moz menemukan bahwa $ 1 per hari dapat meningkatkan jumlah audiens Anda sebanyak 4.000 orang (ini tidak sesuai dengan pengalaman kami, meskipun patut dicoba).

Pertimbangan

Tujuan yang membuat orang mulai memikirkan bisnis Anda dan mencari informasi lebih lanjut tentang itu:

  • Mengirim orang ke suatu tujuan di dalam atau di luar Facebook
  • Dapatkan penginstalan aplikasi Anda
  • Tingkatkan kehadiran di acara Anda
  • Dapatkan tampilan video
  • Kumpulkan prospek untuk bisnis Anda

Konversi

Tujuan yang mendorong orang-orang yang tertarik dengan bisnis Anda untuk membeli atau menggunakan produk atau layanan Anda:

  • Tingkatkan konversi di situs Anda
  • Tingkatkan keterlibatan di aplikasi Anda
  • Dorong orang untuk mengklaim tawaran Anda
  • Mempromosikan produk atau katalog
  • Dorong orang untuk mengunjungi toko Anda

Setelah Anda memilih tujuan pemasaran, Anda akan diminta untuk menamai kampanye Anda:

Langkah 4: Tentukan audiens dan anggaran Anda

Menyesuaikan audiens target Anda

Langkah ini sangat penting untuk keberhasilan kampanye Iklan Facebook Anda. Pemirsa iklan Anda dapat disesuaikan berdasarkan semua demografi berikut:

  • Lokasi , dimulai dengan negara, negara bagian, kota, kode pos, atau alamat, dan menyempurnakan lebih jauh dengan radius satu mil
  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Bahasa
  • Minat - Facebook memperhatikan minat, aktivitas, Halaman yang mereka sukai, dan topik terkait erat
  • Behaviors - Hal-hal seperti niat dan perilaku pembelian, serta penggunaan perangkat
  • Koneksi - Pilih untuk menampilkan iklan kepada semua orang, hanya mereka yang terhubung ke Buffer, atau mereka yang tidak terhubung ke Buffer

Selain itu, dengan setelan Koneksi, Anda dapat memilih penargetan lanjutan, yang memungkinkan Anda menyertakan atau mengecualikan orang-orang yang terhubung ke laman, aplikasi, atau acara tertentu. Anda juga dapat menyesuaikan penargetan Anda lebih lanjut menggunakan audiens khusus untuk menargetkan ulang orang-orang yang telah berinteraksi dengan bisnis Anda.

Contoh: Memilih audiens untuk iklan 

Facebook merekomendasikan mempersempit jangkauan Anda dengan cara yang ditargetkan untuk memaksimalkan dampak iklan Anda. Kami mempersempit eksperimen ini, memilih demografi audiens berikut:

  • Lokasi: Amerika Serikat
  • Minat: Media sosial
  • Dikecualikan: Orang yang sudah menyukai Buffer
  • Umur: 18-65+
  • Bahasa: Inggris (AS)

Ini memberi kami perkiraan jangkauan hingga 3.200 orang dari 14 juta. Jumlah 3.200 orang tersebut adalah jumlah yang kami harapkan untuk online setiap hari dan berpotensi melihat iklan kami.

Menetapkan anggaran Anda

Setelah Anda memilih audiens target, Anda selanjutnya harus memilih berapa banyak yang ingin Anda belanjakan untuk iklan Anda. Saat Anda menetapkan anggaran, penting untuk diingat bahwa angka ini mewakili jumlah maksimum uang yang ingin Anda belanjakan. Anda juga dapat mengatur anggaran ke Harian atau Seumur Hidup:

  • Harian: Anggaran harian adalah rata-rata yang akan Anda belanjakan setiap hari.
  • Seumur hidup: Anggaran seumur hidup adalah jumlah maksimum yang akan Anda belanjakan selama masa pakai set iklan Anda.

Langkah 5: Buat iklan Anda

Di sinilah hal itu menjadi sangat menyenangkan! Sekarang saatnya memilih gambar (atau video), headline, body text, dan di mana iklan Anda akan ditampilkan di Facebook. Untuk teks, Anda mendapatkan 90 karakter untuk berbagi pesan singkat yang akan muncul di atas gambar atau video Anda.

Ada dua cara untuk membuat iklan: Menggunakan posting yang ada atau membuat iklan baru. Berikut sekilas kedua opsi tersebut.

Menggunakan postingan yang sudah ada

Untuk jenis iklan tertentu, seperti meningkatkan posting, Anda dapat membuat iklan menggunakan posting yang sudah ada yang telah dibagikan di Halaman Facebook Anda. Untuk melakukannya, pilih opsi 'Gunakan Posting yang Ada' dari dasbor Pengelola Iklan Facebook . Dari sini, Anda dapat memilih Halaman mana Anda ingin memilih posting dari dan memilih posting individu dari Halaman itu untuk digunakan sebagai iklan Anda:

Membuat iklan baru

Jika Anda ingin membuat iklan dari kanvas kosong, tugas pertama adalah memilih format yang ingin Anda gunakan untuk iklan Anda. Iklan Facebook terlihat sedikit berbeda tergantung pada hasil yang Anda inginkan. Facebook saat ini menawarkan 5 format iklan yang berbeda:

  • Korsel: Buat iklan dengan 2 atau lebih gambar atau video yang dapat digulir
  • Gambar tunggal: Buat hingga 6 variasi iklan Anda menggunakan 1 gambar
  • Video tunggal: Buat iklan dengan satu video
  • Tayangan slide: Buat iklan video berulang dengan hingga 10 gambar
  • Kanvas: Ceritakan kisah yang lebih imersif dengan menggabungkan gambar dan video

Catatan: Format yang tersedia untuk Anda akan bervariasi berdasarkan pada tujuan yang Anda tetapkan untuk iklan Anda selama Langkah 3 sedikit lebih awal dalam posting ini.

Setelah format dipilih, Anda perlu menambahkan konten ke iklan Anda (gambar atau video dan salinannya). Bagian ini sangat penting untuk membuat iklan Anda menonjol di dalam feed Facebook atau Instagram. Jika iklan Anda akan sukses, Anda ingin gambar dan salinan Anda cukup menarik untuk membuat orang-orang ingin mengeklik.

Spesifikasi gambar atau video yang direkomendasikan biasanya ditempatkan di sebelah area pada layar tempat Anda mengupload konten, tetapi sebagai aturan praktis:

Spesifikasi gambar:

  • Ukuran gambar yang disarankan: 1200 x 628 piksel
  • Rasio gambar: 1,91: 1
  • Untuk memaksimalkan pengiriman iklan, gunakan gambar yang mengandung sedikit atau tanpa teks overlay.

Spesifikasi video:

  • Format: File .MOV atau .MP4
  • Resolusi: setidaknya 720p
  • Ukuran file: maks. 2,3 GB.
  • Rasio aspek yang disarankan: layar lebar (16: 9)
  • Facebook: maks 60 menit.
  • Instagram: maks 60 detik.

Langkah 6: Pilih penempatan iklan Anda

Penempatan iklan menentukan di mana iklan Anda ditampilkan dan dengan Iklan Facebook, Anda dapat memilih di lokasi mana iklan Anda akan muncul. Iklan dapat muncul di Umpan Berita seluler Facebook, Umpan Berita desktop, dan kolom kanan. Anda juga dapat membuat iklan untuk ditampilkan di Instagram.

Facebook merekomendasikan penggunaan penempatan default untuk tujuan yang Anda pilih, yang memungkinkan Facebook mengoptimalkan penempatan untuk Anda guna mendapatkan hasil terbaik dengan biaya rata-rata keseluruhan termurah.

Namun, jika Anda ingin memilih penempatan Anda sendiri, Facebook merekomendasikan pilihan berikut, yang dikelompokkan berdasarkan tujuan kampanye:

  • Tingkatkan kampanye kesadaran merek (termasuk pembelian Jangkauan & Frekuensi): Facebook dan Instagram
  • Tingkatkan postingan Anda (termasuk pembelian Jangkauan & Frekuensi): Facebook dan Instagram
  • Dapatkan tampilan video (termasuk pembelian Jangkauan & Frekuensi): Facebook dan Instagram
  • Dapatkan penginstalan aplikasi Anda: Facebook dan Instagram
  • Tingkatkan keterlibatan di aplikasi Anda: Facebook
  • Mempromosikan katalog produk: Facebook
  • Tingkatkan konversi di situs web Anda: Facebook
  • Kirim orang ke situs web Anda: Facebook

Langkah 7: Lakukan pemesanan

Sekarang, iklan Anda siap tayang. Untuk mengirimkan iklan Anda, klik tombol 'Tempatkan Pesanan' di sudut kanan bawah halaman. Setelah iklan Anda dikirim, itu akan ditinjau oleh Facebook sebelum ditayangkan (Anda akan menerima email konfirmasi dari Facebook setelah iklan ditayangkan).

Apa $ 5 Per Hari beriklan di Facebook 

Untuk memberikan sedikit konteks tentang apa yang dapat dicapai dengan Iklan Facebook, kami menjalankan eksperimen untuk melihat berapa anggaran $ 5 per hari akan memberi kami. Saya ingin langsung membuka temuan kami di sini, lalu membahas secara spesifik di bawah ini. Kami mencoba tiga jenis Iklan Facebook, masing-masing dirancang dengan tujuan berbeda.

Inilah hasil kami:

  • Halaman Suka - $ 0,57 per suka
  • $ 4,01 per klik
  • Pos yang ditingkatkan - $ 6,35 per 1.000 orang tambahan yang dicapai

Ketika kami melihat ini dalam hal berapa banyak $ 5 per hari yang akan membeli Anda, ini adalah angkanya:

  • Halaman Suka - 9 suka per hari
  • Klik ke beranda Buffer - 1 per hari
  • Pos yang ditingkatkan - 787 orang baru tercapai

 

Bagaimana hal ini selaras dengan pengalaman Anda di Iklan Facebook?

Saya akan dengan senang hati membagikan secara spesifik tentang apa yang kami coba dan bagaimana kami mencobanya (dan bagaimana Anda dapat mengujinya sendiri juga.)

Satu pemikiran terakhir sebelum melanjutkan, mungkin berguna untuk melihat bagaimana pengalaman kami dibandingkan dengan tolok ukur Iklan Facebook secara keseluruhan. WordStream menganalisis kinerja Iklan Facebook dari 256 kliennya yang berbasis di AS dan menghasilkan banyak tolok ukur kinerja yang bermanfaat.

Rasio klik-tayang rata-rata: 1,04%

Milik kita: 0,95%

Biaya rata-rata per klik: $ 1,27

Milik kita: $ 4,01

Banyak pengalaman kami di sini tidak cukup sesuai dengan tolok ukur, kemungkinan karena sejumlah faktor seperti ini menjadi pengalaman pertama saya terjun ke Iklan Facebook (banyak yang harus dipelajari!) Dan saya tidak meluangkan waktu untuk benar-benar mengoptimalkan kampanye.

Seperti semua eksperimen yang kami jalankan dan bagikan di sini, jarak tempuh Anda mungkin berbeda-beda. Dan kami ingin mendengar pengalaman dan hasil Anda!

Jika Anda penasaran untuk mendalami lebih jauh tentang biaya Iklan Facebook, kami baru-baru ini menerbitkan panduan lengkap untuk biaya Iklan Facebook .

________________________________________

Terima kasih sudah membaca! Saya harap Anda menjadi panduan yang berguna untuk menyiapkan Iklan Facebook dan saya berharap tolok ukur kami juga terbukti menjadi tongkat pengukur yang berguna untuk apa yang dapat dicapai dengan anggaran terbatas.

Saya ingin melanjutkan percakapan dengan Anda di kolom komentar di bawah. Kesuksesan terbaik apa yang Anda temukan dengan Iklan Facebook? Apa tips terbaik Anda untuk membuat iklan yang brilian?